Kamis, 23 Desember 2010

PERPUSTAKAAN DAERAH GANDARIA JAKARTA SELATAN

Bismillahirrohmanirrohim

Awalnya saya bertanya tanya ke beberapa teman rute ke perpustakaan ini, karena meski sama sama berada di daerah Jakarta Selatan tempat saya bekerja, tetap saja terasa asing karena belum pernah ke sana. Ternyata rutenya cukup mudah kok, cukup naik metromini 72 dari Pasar Jumat atau dari Blok M, udah deh, kita tinggal bilang ke kondekturnya “Bang.. turun di Kantor Pajak yah…”.. naa.. perpustakaan gandaria ada di belakang kantor pajak itu. Mudah bukan…J

Kesan pertama kali begitu memasuki daerah di sekeliling perpustakaan Gandaria, adeeem banget, pohon pohon besar berada di samping kanan kiri bahu jalan masuk, kemudian ada Taman gandaria di depannya, plus di tingkahi tingkah polah anak SD Kramat Pela yang sedang bermain dan jajan di jalanan, o iya… SD Kramat Pela ada di samping perpustakaan Gandaria.. kebayang kan… betapa asrinya lingkungan Perpustakaan Gandaria… .

Begitu memasuki Perpustakaan, kita bisa langsung mendaftar menjadi anggota perpustakaan dengan melampirkan foto berwarna 2 x 3 warna 1 lembar, fotokopi KTP, fotokopi KK, atau untuk pelajar yang belum mempunyai KTP bisa memakai fotokopi KTP orangtua atau wali tempat dia tinggal selama sekolah, dan tidak dikenai biaya administrasi. Persyaratan Lengkap kartu langsung jadi dan kita bisa langsung menggunakan jasa layanan di perpustakaan ini. Peminjam yang dilayani adalah Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Bangunan perpustakaan ada dua lantai, lantai satu ada perpustakaan untuk anak SD yang isinya buku buku anak anak yang lucu lucu dan menyenangkan sekali, dan… tentu saja.. saya sangat kerasan berada di sudut ini ….^^.Selain ada buku, juga ada ruang pemutaran film dan peminjaman alat befrmain Logico setiap hari Rabu. Sementara di lantai dua ada ruang referensi, ruang baca, dan ruang pengolahan, eh ada juga mushola yang bersih di lantai ini..:J.

Koleksinya beragam, ada buku buku biografi seperti surat surat RA Kartini, Moh Hatta, HB Jassin, Ibu Kasur, serat centhini, ada juga koleksi mulai dari karya umum sampai agama, psikologi, sastra, untuk buku psikologi banyak buku tentang parenting seperti karya Bunda Neno Warisman, dll. kenapa yaa.. buku buku itu seperti mempunyai magnet, menyenangkan untuk dilihat. Meski jujur saya akui, meski kesukaan saya adalah melihat buku tapi belum tentu di baca sampai habis.

Naaa.. mumpung lagi liburan ni, bisa tu para ponakan dan para krucil di ajak ke perpustakaan ini. Membuat anak suka membaca sejak dini. Mari budayakan gemar membaca…J

Tidak ada komentar: