Rabu, 25 Januari 2012

SURAT UNTUK DEWI “DEE” LESTARI 2

“Untuk Blog Contest Mizan.com”


Apa kabar Mbak Dee? Bagaimana kabar Keenan? Apa ya yang akan Mbak Dee tulis di novel partikel kali ini?

Ini kali kedua saya menulis surat untuk mbak, dan kali kedua saya posting tulisan lagi di blog saya ini di tahun 2012. Kalau dirunut runut, memang saya belum begitu aktif menulis seperti pada tahun 2008 yang lalu. Kenapa ya mbak?

Mempunyai sebuah blog menjadi tempat di mana saya bisa mengistirahatkan apa yang ada di benak saya, dengan menuliskan sepatah dua patah kata.

Hmm…. Memang pengalaman membaca saya belumlah banyak, dan akhir akhir ini saya bersyukur, dipertemukan kembali dengan apa yang namanya mengamati bagaimana sebuah buku itu bergerak. Hah… buku kok bergerak? Menurut yang diajarkan oleh guru saya, buku bergerak karena apa yang ada di dalamnya yang merupakan ide ide yang dijabarkan oleh penulisnya bergerak mengikuti jalan pikiran penulisnya. Menceritakan bagaimana awal mula sebuah tulisan terbetik di dalam benak hingga menjelma menjadi sebuah tulisan di atas kertas. Dan bagaimana rute yang diambil oleh penulis dalam menyampaikan gagasannya, apakah rute yang diambil lewat satu jalur ataukah berpindah pindah jalur.

Seperti yang pernah disampaikan oleh seorang guru, Ibaratnya bila kita naik sebuah mobil dan merekam rute yang kita lalui dengan sebuah handycam, setiap hari selama setahun, gambar apa yang akan kita dapat? Tentunya gambar jalan yang biasa kita lewati, dengan penunjuk jalan yang sama, baliho yang sama, lampu merah yang sama. Bandingkan bila kita naik mobil dan merekam rute yang berbeda beda, maka gambar yang akan kita dapatkan akan beragam.

Ada pula buku yang bergerak karena menjadi panduan bagi manusia dalam mengambil keputusan dalam hidupnya. Begitu juga dengan menulis, saya ingin bisa menulis dengan beragam tema dan beragam sudut pandang, hingga akhirnya akan memperkaya tulisan dan memaknainya. Bagaimana menurut mbak Dee?

Dari : Badriyatus Solihah

Untuk : Mizan.com

2 komentar:

blogrenaldi.blogdetik.com mengatakan...

supernova, amazing novel :)
<a href="http://blogrenaldi.blogdetik.com>Blog Renaldi</a>

badriyatus solihah mengatakan...

iya betul, begitu kaya kata :)untuk supernova baru satu yg di baca, pinjam dr seorang teman