Rabu, 25 Januari 2012

SURAT UNTUK DEWI "DEE"LESTARI

“Untuk Blog Contest Mizan.com”

Halo Mbak Dee

Apa kabar Mbak? Salam kenal. Saya salah satu penggemar lagu lagu RSD (yang ngangenin sekarang) dan pembaca karya Mbak Dee meski belum semuanya.

Membaca karya Mbak Dee membuat saya cemburu, kosakata dan tema begitu beragam, tidak melulu di novel bergenre pop seperti perahu kertas. Dalam novel Supernova, Ksatria, Putri dan Bintang jatuh, begitu banyak istilah science dan bertebaran puisi diselipkan diantara paragraph, kali pertama saya melihat cantiknya perpaduan puisi dan novel.

Sekarang, di mana frekuensi saya menulis diary tidak seperti dulu, saya baru melakukan pemahaman tentang bagaimana seorang penulis menyampaikan idenya, Saya pengen deh… tahu lebih banyak tentang proses kreatif Mbak Dee.. karena novelnya begitu kaya kata tapi mudah di cerna dengan alur yang membuat saya ingin segera menyelesaikan. Mbak Dee mulai nulis kapan? Untuk sampai saat ini saya masih menulis yang seputar hal hal yang berkaitan dengan kehidupan pribadi saja, bagaimana caranya Mbak? Keluar dari kotak saat menyelesaikan sebuah tulisan?. Juga bagaimana caranya ya kita menulis itu “show not tell”

Analisa Mbak Dee tajam, saat membaca posting Mbak dee di blog yang berjudul Di cekik plastik waktu itu, memang belum begitu berpengaruh untuk saya, istilahnya saya belum begitu tersadar akan pentingnya melakukan aksi go green, akhir 2011, saat saya membaca ulang tulisan itu, bertepatan dengan adanya Green festival di Jakarta, baru saya ngeh apa itu diet plastik, dan saya mulai dari hal kecil, menggunakan plastik sesedikit mungkin pada saat berbelanja di supermarket atau pada saat berbelanja apapun, benar mbak…. Ternyata menyenangkan berpartisipasi melakukan aksi go green meski masih berupa aksi kecil, belakangan pula saya tahu Mbak Dee suka menanam sensievera, hal yang belum saya bisa, karena sensievera di rumah sepertinya kena busuk daun, pada kuning tu Mbak.. kenapa ya mbak?

Tentang perahu kertas, dari referensi seorang teman, dia sukaaaa banget sama keenan.. dari situ saya mulai penasaran, apa yang terjadi dengan dengan keenan Ya? ponakan saya dapetin novel ini di pameran buku di Istora Senayan awal 2011. Daaaan….. saat membaca novel ini dengan nebeng baca), membuat saya ngga bisa berhenti Mbak….. Alih alih saya terkesan dengan tokoh keenan, saya lebih terkesan dengan tokoh Kugy, sampai belain mati matian berharap happy ending untuk Kugy… hehe… dia sosok yang ceria, apa adanya dan satu sisi yang saya sangaaat suka adalah bahwa Kugy ini mandiri, pandai sekali membuat dongeng, .. Saya melihat gambaran yang saya inginkan ada di Kugy, yaitu pandai membuat dongeng, begitu Mbak… . Saat Keenan beralih ke Luhde, duuh… saya ikut patah hati waktu itu, sediih.. sekaligus kagum karena Kugy begitu dewasa dalam memperlakukan perasaannya sendiri, dan tetap berkarya di saat dia mengalami apa yang mungkin dinamakan patah hati.

Saya ingin melakukan reframing, kaya dengan pengalaman setelah menuangkannya ke atas sehelai kertas, dengan menuliskannya, berbagai hal yang kita lalui akan tercerap lebih cepat. Hal di mana kita terus bergerak. Mudah mudahan akan semakin memperkaya falsafah kita ya mbak.

Saya setuju dengan Mbak Dee bahwa profesi penulis itu menyenangkan, bekerja di manapun dan kapanpun, begitu juga efek perasaan yang menghangat plong begitu selesai menyelesaikan sebuah tulisan meski belum terkena apa yang disebut dengan “edit”. Sepakat ngga Mbak? :)

Demikian surat saya, terima kasih mbak… semoga Mbak Dee sehat selalu, dan senantiasa berada dalam kebaikan. Amiin…

Dari : Badriyatus Solihah

Untuk : Mizan.com

Tidak ada komentar: